Kamis, 21 Maret 2019

BPN Bandingkan Penampilan Fisik, TKN: Nggak Etis, Itu Karunia Allah

13 Maret 2019, 20:11:25 WIB

JawaPos.com – Wakil Direktur Saksi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf, Ahmad Baidowi (Awiek) menyayangkan pernyataan Ferry Mursyidan Baldan yang juga merupakan Direktur Relawan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. Ferry mengajak masyarakat memilih berdasarkan penampilan fisik kandidat di pilpres 2019.

“Menurut saya, nggak etis lah bicara fisik seseorang. Karena orang cantik, hitam, putih, itu kan dari sananya. Kita nggak bisa request di kandungan, saya ingin anak saya jadi pemimpin, tolong karuniai anak yang fisiknya begini-begini. Itu karunia dari Allah,” ujar Awiek di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Sebagai juniornya, Awiek mengaku tidak menyangka Ferry sampai mengeluarkan pernyataan tersebut. Apalagi, kata dia, Ferry merupakan salah satu sumber inpirasinya di parlemen.

“Beliau (Ferry) sepuluh tahun lalu namanya masih berkibar di DPR menjadi ketua pansus RUU pemilu. Waktu itu sangat luar biasa. Saya sangat terinspirasi beliau dalam beberapa hal, khususnya kepemiluan. Tapi untuk hal yang ini saya menyayangkan,” ungkapnya.

Di sisi lain, Awiek menilai pernyataan Ferry dapat menjadi gambaran kelemahan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. Itu membuktikan kubu rivalnya itu tidak bisa membeberkan prestasi yang bisa ditunjukkan pada paslon 02.

“Yang dilakukan hanya bisa menyerang secara fisik seperti itu. Tunjukkan prestasi kelebihannya dibanding 01. Kalau hanya mengritisi 01, rakyat tidak diberikan tawaran, rakyat berpikir ente bisa menyalahkan saja terus solusi ente apa? Emang ente bisa lebih baik dari 01?” katanya.

Sebelumnya, Direktur Relawan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan yakin, paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga bakal memenangkan pemilihan presiden 2019. Menurutnya, masyarakat akan memilih pasangan yang fisiknya lebih tampan.

“Kalau dilihat wajah presiden kita dengan sebelah, pilih mana? Saya kalau bicara fisik, gimana ya, kan pemilih ada motivasi melihat itu. Lihat cawapresnya digabungkan, dibandingkan, pilih mana?” kata Ferry.

Lebih lanjut, Ferry menilai, pemilih pemula pun pasti memilih dengan cara yang mudah. Salah satunya yaitu dengan membandingkan fisik paslon. Bagi mereka, pertimbangan fisik tersebut adalah hal yang wajar.

“Kalau kata Rocky Gerung dengan akal sehat, orang pemilih melihat gambar di surat suara maka pasti pilih yang sebelah kanan nomor 02 dengan alasan apapun. Kalau ada yang pilih nomor 01 kayaknya perlu diperiksa jiwanya,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Igman Ibrahim

BPN Bandingkan Penampilan Fisik, TKN: Nggak Etis, Itu Karunia Allah