Selasa, 19 Februari 2019

TGB Ingatkan Masyarakat: Hati-hati Hoax Sentimen Agama

8 Februari 2019, 08:55:14 WIB

JawaPos.com - Jelang Pemilihan Presiden 2019 (Pilpres 2019), informasi hoax kian marak. Masyarakat diminta untuk berhati-hati dan lebih jeli dalam memverifikasi berita. Khususnya di media sosial.

Pesan tersebut disampaikan Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zinul Majdi. Dia mengingatkan agar berhati-hati dengan hoax sentimen agama yang bertujuan menghasut umat.

“Awas, hoaks agama yang sedang dan akan dimainkan dalam pekan ini akan memecah belah masyarakat,” ujar dia di Jakarta, Kamis (7/2).

TGB mengingatkan masyarakat agar menyampaikan kepada, keluarga, teman, saudara dan tetangga. “Supaya hoax itu tidak efektif untuk mengadu domba, supaya kita semakin kebal hoax,” imbuhnya.

TGB menambahkan bahwa informasi yang disampaikannya diketahui berdasar temuan Tim Gerakan Tangkal Fitnah (GTF) Tim Kampanye (TKN) Jokowi-Ma’ruf. Menurutnya akan ada hoax perihal agama yang kembali dimunculkan di sejumlah tempat.

“Dalam sepekan ini saja, telah diviralkan seolah-olah telah terjadi pembobolan masjid dan pengrusakan Alquran di sebuah masjid di Surakarta untuk membakar emosi umat,” imbuhnya.

Padahal, lanjut TGB, kejadian yang sebenarnya adalah adanya anak-anak yang bermain-main di dalam masjid yang menyebabkan barang-barang di dalamnya berserakan. Dari hasil temuan, hoaks itu terjadi di sejumlah titik di Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Barat, DI Yogyakarta, Sumatera Utara dan DKI Jakarta.

TGB juga mengingatkan supaya masyarakat mewaspadai hoaks jangan sampai pola ini membuat Indonesia seperti Suriah

“Saya mengetuk pintu hati masyarakat Indonesia, khususnya yang mengaku kaum Muslim, apapun latar belakang partai anda, berhentilah memproduksi atau menyebarkan hoaks,” tegasnya.

“Dalam ajaran agama, khususnya Islam, Allah SWT telah mengingatkan kita tentang betapa bahayanya kebohongan, dampak destruktifnya bagi masyarakat, sebagaimana diulas di Ayat An-Nur, ayat 11-20,” pungkasnya.

Editor : Imam Solehudin

TGB Ingatkan Masyarakat: Hati-hati Hoax Sentimen Agama