Kamis, 21 Maret 2019

Kini Warga Batam Bisa Bayar PBB di Indomaret

15 Maret 2019, 13:46:04 WIB

JawaPos.com – Warga Batam kini lebih mudah untuk melakukan transaksi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Badan Penerimaan Pajak Retribusi Daerah (BP2RD) Batam telah melakukan kerjasama dengan Bank Jawa Barat (BJB) dan Indomaret.

Warga bisa memanfaatkan waralaba tersebut untuk membayar pajak tahunan. Kemudahan ini juga telah dirasakan di 14 kabupaten, 12 kota, dan Provinsi DKI Jakarta. Kerjasama dilakukan sejak pertengahan Februari 2019 lalu. 

“Ini program nasional dan kami dapat keuntungan dari perjanjian B to B (business to business) ini, kami memperoleh manfaatnya,” kata Kepala BP2RD Batam Raja Azmansyah di Batam, Jumat (15/3).

Azmansyah menambahkan kerja sama ini baru untuk pembayaran PBB saja, hal ini karena baru berjalan. Ke depan tentu akan ada lanjutan yang mengarahkan hadirnya kerja sama yang memberikan kemudahan lain kepada masyarakat untuk membayar berbagai jenis pajak.

Hadirnya kerja sama ini diharapkan membuat masyarakat lebih taat pajak, membayar pajak PBB, dan tepat waktu. Sehingga memudahkan kedua belah pihak, dalam hal ini Pemerintah Kota (Pemkot) Batam dan masyarakat sendiri yang tidak perlu membayar denda karena keterlambatan.

Dalam prosesnya, lanjut Azmansyah, pembayaran melalui Indomaret ini sudah berjalan sejak minggu kedua Februari lalu. “Setelah perjanjian itu kami langsung coba bayar PBB, hasilnya kami berhasil bayar walaupun sedang di Jakarta,” kata Azmansyah lagi.

Pada 2018 lalu, realisasi pendapatan pajak daerah Batam berada di angka Rp 846 miliar. Angka ini kurang 9,75 persen dari target penerimaan sebesar Rp 937 miliar. Dengan kemudahan yang terus diupayakan, Azmansyah berharap ke depan penerimaan pajak daerah bisa lebih optimal lagi.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Bobi Bani

Kini Warga Batam Bisa Bayar PBB di Indomaret