Kamis, 21 Maret 2019

Aksi Nekat Ferrial Sofyan Usai Dicopot SBY dari Pimpinan DPRD

13 Maret 2019, 17:14:27 WIB

JawaPos.com – Ada pemandangan menarik saat pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta Pergantian Antar Waktu (PAW) Jimmy Alexander Turangan di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Rabu (13/3). Pasalnya, di jajaran kursi pimpinan DPRD, tampak ada Ferrial Sofyan masih duduk di sana.

Seperti dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL (Jawa Pos Group), Ferrial Sofyan terlihat duduk bersama pimpinan DPRD lainnya, antara lain Triwisaksana (PKS), Mohamad Taufik (Partai Gerindra), dan Ichwan Jayadi (PPP).

Padahal posisi Ferrial sebagai wakil ketua DPRD DKI sudah resmi digantikan oleh koleganya, Santoso dalam Sidang Paripurna DPRD DKI Jakarta, Rabu (20/2) lalu.

Saat itu, rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edy Marsudi dan dihadiri oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan. Dalam pelantikan tersebut Ferrial tidak hadir.

“Ferrial Sofyan resmi dicopot dari jabatannya sebagai wakil ketua DPRD DKI Jakarta per hari ini,” kata Prasetio.

Prasetio berharap Santoso sebagai pengganti Ferrial bisa menuntaskan sisa kepemimpinannya yang akan berakhir pada Agustus 2019. Proses pergantian Ferial merupakan usulan langsung dari Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dilayangkan kepada DPRD DKI.

“Jadi proses pergantian pimpinan dewan ini memang atas usulan langsung dari pimpinan Partai Demokrat,” ujar Prasetio.

Diketahui Ferrial dicopot melalui Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Nomor 06/SK/DPP.PD/I/2019 yang ditanda tangani oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan pada 23 Januari lalu.

Setelah dicopot dari jabatan wakil ketua DPRD DKI, Ferrial ditempatkan sebagai anggota Komisi B. Ferrial diketahui menduduki kursi wakil ketua DPRD sejak Agustus 2014. Sebelumnya, pada periode 2009-2014 Ferrial menduduki jabatan ketua DPRD.

Editor : Erna Martiyanti

Aksi Nekat Ferrial Sofyan Usai Dicopot SBY dari Pimpinan DPRD