Senin, 18 Februari 2019

Pemkot Malang Libatkan Lansia dalam Pembangunan

12 Februari 2019, 17:36:00 WIB

JawaPos.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang tak ingin tebang pilih dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota 2020. Berbagai pihak dilibatkan. Tak terkecuali warga lanjut usia (lansia). Ini tercermin dengan digelarnya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Lansia di Savana Hotel & Convention Malang, Selasa (12/2).

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, pelibatan lansia sebagai wujud keterbukaan pemerintah untuk mendapatkan masukan dan gagasan terkait pembangunan. Khususnya infrastruktur yang ramah bagi lansia.

Usulan program harus benar-benar bisa mengakomodasi semua aspirasi masyarakat. "Untuk itulah kami buat Musrenbang tematik. Kami memang masih belum memenuhi semua yang menjadi keinginan lansia. Tetapi sudah didahului dengan mendeklarasikan Malang kota layak lansia," ujar Sutiaji.

Sutiaji berharap ke depan bisa memenuhi kebutuhan lansia melalui infrastruktur maupun asupan gizi. "Taman-taman di Kota Malang harus layak bagi lansia. Dari segi kesehatan, selama ini Posyandu banyak untuk anak. Nah, kami akan menggerakkan Posyandu bagi lansia," terang Sutiaji.

Selain itu, program BPJS Kesehatan untuk warga lansia juga akan dikuatkan. Terutama yang menderita sakit kronis. "Anggaran yang mengacu untuk mewadahi fasilitas dan program bagi lansia akan kami canangkan," tegas Sutiaji.

Dengan menambah fasilitas penunjang lansia, dapat menambah angka harapan hidup. Dari sebelumnya 72 tahun menjadi 75 tahun. Sebagai informasi, jumlah warga lansia di Kota Malang mencapai 89 ribu orang atau 10,4 persen dari total penduduk.

Ketua Komda Lansia Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menambahkan, hasil Musrenbang Lansia akan menjadi dasar pemerintah untuk memperbaiki dan menambah kualitas kegiatan bagi para lansia. "Forum ini penting dan strategis untuk bisa mendalami ide dan gagasan yang sudah dipersiapkan melalui pra-Musrenbang Lansia yang digelar tahun lalu," imbuh pria yang menjabat sebagai Wakil Wali Kota Malang itu.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Fiska Tanjung

Pemkot Malang Libatkan Lansia dalam Pembangunan