Selasa, 19 Februari 2019

4 Kegiatan Sepele yang Sebabkan Diet Gagal

12 Februari 2019, 09:45:07 WIB

JawaPos.com - Seringkali Anda kapok terhadap diet karena berat badan tak kunjung turun. Mungkin Anda perlu menelaah kembali apakah diet yang Anda lakukan sudah benar atau belum.

Diet bisa berhasil ketika Anda menjalankan gaya hidup yang benar. Diet tak berhasil karena orang sering menyepelekan hal-hal kecil yang ternyata berpengaruh terhadap naiknya berat badan Anda. Berikut 4 hal sepele yang dapat membuat diet gagal dan berat badan menajdi lebih naik, dilansir dari Kincet, Senin (11/2).

1. Tidur Terlalu Banyak

Dengan tidur yang terlalu sedikit, tubuh Anda lebih cenderung menghasilkan hormon kortisol stres-respons yang meningkatkan nafsu makan Anda. Namun, tidur berlebihan mungkin juga tidak lebih baik bagi Anda.

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh jurnal PLOS One, tidur lebih dari 10 jam setiap malam dapat meningkatkan indeks massa tubuh. Tidak mengherankan bahwa dokter merekomendasikan tidur 7 hingga 9 jam setiap hari.

3. Membiarkan Tempat Tidur Berantakan

Sebuah studi oleh US National Sleep Foundation mengungkapkan bahwa orang yang membuat tempat tidur lebih rapi akan tidur lebih baik secara keseluruhan. Bagaimanapun, tidur yang sehat adalah cara optimal menuju berat badan yang sehat. Jika tempat tidur berantakan, tentu akan memengaruhi kualitas tidur Anda.

3. Tak Mau Timbang Berat Badan

Para peneliti dari Cornell University membuktikan bahwa penimbangan harian adalah teknik sukses yang mendorong penurunan berat badan. Waktu terbaik untuk menginjak timbangan adalah hal pertama di pagi hari sebelum makan atau minum apa pun. Karena Anda kehilangan berat air dalam semalam, Anda akan mendapatkan angka paling akurat.

4. Sarapan Terlalu Sedikit

Para peneliti dari Universitas Tel Aviv bersikeras bahwa Anda harus memanjakan diri dengan makanan lezat di pagi hari. Faktanya, sarapan seimbang yang mengandung 600 kalori protein tanpa lemak, karbohidrat, dan beberapa makanan penutup akan memudahkan Anda untuk mengikuti rencana diet harian Anda. Jadi jangan makan terlalu sedikit saat sarapan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Inriyani Sembiring

4 Kegiatan Sepele yang Sebabkan Diet Gagal