Kamis, 21 Maret 2019

Penting Untuk Tahu, Kenali 4 Tipe Selaput Dara Perempuan

9 Maret 2019, 09:32:51 WIB

JawaPos.com – Tiap perempuan punya tipe selaput dara yang berbeda-beda. Ada yang tebal, tipis, elastis, dan tidak elastis. Selaput dara atau dikenal sebagai hymen adalah jaringan mukosa yang tipis mengelilingi seluruh atau sebagian liang vagina luar.

Tipe selaput dara tersebut memengaruhi akan mudah atau tidaknya robekan. Berikut ini tipe-tipe selaput dara berdasarkan wawancara dengan Gynecologist, dr. Ni Komang Yeni Dhana Sari, Sp.OG, ketika ditemui JawaPos.com, di RSPI Puri Indah, Jakarta Barat, Rabu (6/3).

1. Normal Hymen

selaput dara, tipe selaput dara, bentuk selapu dara,
Bentuk-bentuk selaput dara. (Young Women's Health)

Biasanya selaput dara dan lubang vagina memiliki ukuran yang normal dan sama-sama utuh. Sehingga untuk tipe selaput dara dan vagina ini mudah untuk berhubungan seksual dan menstruasi.

2. Microperforate Hymen

Untuk tipe ini, memiliki lubang vagina yang kecil dan selaput dara yang sangat tebal. “Ini pada saat awal berhubungan agak susah kalaupun bisa penetrasi mungkin terjadi perdarahan agak banyak,” kata dr. Ni Komang Yeni Dhana Sari, Sp.OG.

Begitu juga saat menstruasi, darah yang keluar hanya sedikit demi sedikit. Biasanya untuk tipe seperti ini butuh bantuan robekan agar ukuran selaput dara menjadi normal. Biasanya dilakukan operasi hymenorrhaphy.

3. Imperforate Hymen

Tipe seperti ini juga termasuk anatomi selaput dara yang berbahaya. Karena selaput dara menutupi lubang vagina.

“Biasanya ia akan mengalami sakit perut yang sangat hebat karena ketutup total. Sakit perut ketika mengalami ketika mens namun tidak ada darah yang keluar,” tambah dr. Ni Komang Yeni Dhana Sari, Sp.OG.

Ia mengatakan biasanya kasus seperti ini ketika diperiksa USG terlihat bahwa di dalam perut ada banyak sekali darah. Karena darah yang ada di rahim kembali lagi melewati saluran indung telur dan keluar mengisi seluruh perut.

4. Septate Hymen

Tipe selaput dara ini terdapat adanya sekat di antara lubang vagina. Hymen yang bersekat bisa mengalami mens seperti biasa.

Tapi saat pertama kali berhubungan akan teejadi pendarahan. Bahkan ada yang tidak bisa berhubungan tergantung tebalnya sekat itu sendiri.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Inriyani Sembiring

Penting Untuk Tahu, Kenali 4 Tipe Selaput Dara Perempuan